Selasa, 14 Januari 2014

PETERNAKAN AYAM POTONG ORGANIC DI NABIRE- PAPUA

PETERNAKAN AYAM POTONG ORGANIC
 DI NABIRE- PAPUA


Penghantar.


Pemeliharaan ternak ayam potong baik skala kecil maupun besar banyak kita jumpai di negeri ini. Menurut beberapa peternak, pemeliharaan ayam potong sangatlah mengguntungkan, karena umur ayam hanya kisaran 1 bulan. Hingga tidak heran banyak yang membuka pemeliharaan ternak ayam potong. Kenyataannya setelah pemeliharaan ternak dimulai, banyak hal yang tidak terduga muncul seperti, banyaknya penyakit, sulitnya perawatan, pakannya yang mahal, harga yang turun naik, akhirnya tidak sedikit peternak baik skala kecil maupun besar menghentikan usahanya alias gulung tikar karena tidak dapat menutupi biaya yang sangat besar.

Oleh karena itu, satu perusahaan besar dengan gencar-gencarnya meluncurkan program kemitraan, artinya bibit ayam dan pakan akan disuplai oleh perusahaan tersebut, peternakan menyediakan lahan, kandang dan peralatan ternak, jika ayam panen perusahaan akan membeli dari mitranya. memang sekilas itu seolah-oleh mengguntungkan peternakan ternyata itu tidak memberikan keuntungan yang banyak kepada masyarakat. Akhirnya, di beberapa tempat sistem ini tidak berjalan sesuai dengan rencana semula.

Kandang Panggung

Kebanykan peternak sudah di ajarkan atau disosialisasikan bahwa pemeliharaan ternak ayam potong itu dengan sistem perkandangan panggung tanpa ada pilihan perkandangan yang lainnya. Beberapa kelemahan perkandang panggung adalah :

1. Biaya Pembangunan Mahal
2. Polusi Udara sangat tinggi. Baunya tidak bisa diatasi dengan baik.
3. Kebutuhan air tinggi untuk pencucian lantai kandang
4. Tenaga kerja dibutuhkan banyak.

Khususnya tentang baunya yang sangat menganggu lingkungan sekitar, sehingga banyak masyarakat yang keberatan dengan dampak baunya. Oleh karena itu, banyak peternak khususnya skala besar ketika panen memberikan paling sedikit 2-3 ekor ayam per rumah tangga untuk satu RT/RW atau Kelurahan, kita bisa bayangkan berapa banyak ayam yang harus diberikan secara cuma-cuma hanya untuk membayar keberatan masyarakat, dan inilah salah satu faktor yang mengakibatkan tidak tertutupinya biaya produksi yang akhirnya banyak peternak besar gulung tikar. banyak produk pabrikkan yang katanya dapat menghilangkan bau tidak sedap itupun tidak banyak menolong bahkan malah menambah biaya produksi membengkak.

Kandang Organic (satu pilihan yang tepat)

Di tahun 2013 bulan Juli saya mencoba bersama sama dengan Mr. Kam dari Australia memelihara ternak ayam potong di Nabire Papua dengan perkandangan organic. Hasilnya sangat memuaskan :

1. Biaya rendah
2. Kandang tidak bau
3. Kandang tidak perlu dibersihkan
4. Tidak membutuhkan banyak air.
5. Tidak banyak membutuhkan tenaga kerja
6. Ayam lebih sehat.


KANDANG AYAM POTONG TANPA PANGGUNG











TINGKAT KEPADATANNYA CUKUP TINGGI











LEBIH   SEHAT





VITAMIN BERASAL DARI FERMENTASI




UMUR 27 HARI






























Tidak ada komentar:

Posting Komentar