Minggu, 24 Juni 2012

Peternakan Organik

Peternakan sangat memainkan peranan penting ketika kita memulai pertanian organik. Ketika kita memulai pertanian organik tanpa memiliki ternak, sebenarnya kita telah menciptakan ketergantungan baru. Ketergantungan kita pada kotoran ternak yang disuplai dari luar (kotoran ternak yang berasaldari luar itu sudah bercampur dengan bahan-bahan lain, seperti tanah,air, pasir) sehingga tidak murni kotoran ternak tersebut. Karena itu disarankan, peliharalah terlebih dahulu ternak, ternak apa saja, entah itu sapi, kambing, ayam, babi atau apa saja. Nah, ternak kita itu akan menhasilkan kotoran yang baik digunakan untuk pembuatan kompost yang digunakan untuk pertanian organik. Saya hanya menyarankan mulai lah dengan skala kecil, karena semuanya itu butuh proses. Kebanyakan peternak belum banyak mengetahui tentang peternakan organik. Peternakan organic yang saya kembangkan adalah peternakan organik yang menggunakan bahan-bahan yang berada disekitar kita seperti daunan, buah-buahan dan bahan lainnya. 85 % bahan-bahan itu berasal dari kita dan hanya 15 % ada beberapa bahan yang harus dibeli dari pasar seperti gula dan garam. Saya mencoba meminimalisir penggunaan bahan-bahan dari pasar, sehingga biaya pemeliharaan ternak itu tidak terlalu besar, agar peternak juga dapat menghasilkan untuk yang besar. Sejak saya memulai tehnologi ini tahun 2004, saya mengadakan riset sendiri tentang tehnologi ini dan hasilnya sangat memuaskan. 

 1. Tidak ada aroma busuk yang keluar dari kandang ternak. Sehingga masyarakat sekitar tidak merasakan polusi bau.Kita bahkan bisa makan dan minum disekitar kandang tanpa terganggu dengan aroma busuk kotoran ternak. 


 2. Tidak ada limbah yang keluar dari kandang ternak. Karena limbah ternak tersimpan dengan baik di dalam kandang ternak. Lingkungan tidak kotor.Tidak diperlukan pembuangan limbah, dimana saja kita dapat pelihara ternak bahkan dikota sekalipun.


 3. Kandang ternak tidak perlu dibersihkan. 


 4. Tidak membutuhkan banyak air dan tenaga kerja.


 5. Ternak tidak perlu dimandikan khususnya ternak babi. Walau tanpa dimandikan ternak babi nampak bersih dan tidak bau. 


 6. Ternak tidak ribut dan liar. 













 7. Menghasilkan kompost dengan kualitas tinggi. Kompost itu diproses oleh ternak itu sendiri, kita tidak perlu memproses kotoran ternak itu menjadi kompost.Kompost ini mengandung air seni itulah sebabnya ia menjadi kompost dengan kualitas tinggi. kompost yang dibuat selama ini tidak sama sekali menggandung air seni ternak. Kompost yang baik adalah kompost yang menggandung air seni ternak.





8 komentar:

  1. coba jelaskan lebih detail tentang cara mengolah makanan ternak tersebut hingga mencapai hasil sebaik di atas..
    info ini sangat penting dan bermanfaat bagi peternak di sini (NTT).

    BalasHapus
    Balasan
    1. SEHARUSNYA PERTANYAANNYA HARUS LEBIH DETAIL PAK? TERNAK APA YG BAPAK MAKSDU? APA JENIS TERNAKNYA? BERAPA UMUR TERNAKNYA? BAGAIMANA KONDISI TERNAKNYA? PAKAN APA YG DIBERIKAN SEKARANG? LATARBELAKANGNYA SANGAT DIPERLUKAN PAK.

      Hapus
  2. ada buku beternak babi organik bang?

    BalasHapus
  3. saya tertarik untuk berternak babi organik, boleh saya minta/beli bukunya?
    kalo boleh mohon bisa pm saya di
    cakhalang@gmail.com

    Thanks

    BalasHapus
  4. saya baru memulai usaha untuk beternak babi. saya tertarik untuk mencoba beternak babi dgn cara organik. bisakah saya membeli bukunya?

    lokasi saya di tangerang. tolong infonya ke triadiloka@yahoo.co.id.
    thanks

    BalasHapus
  5. bagus bgd bang, pengen beternak babi organik neh, cara2nya gimana tuh bang? Model kandangnya, makananya,perawatanya. kalo ada bukunya sy pesan bang tigor, makasih ya?

    BalasHapus
  6. yth bpk tigor sihombing,
    luar biasa pak, semoga bisa menambah pengetahuan bagi para peternak,
    mohon kiranya informasi lebih lanjut tentang peternakan organik ini, sekiranya bapak berkenan, besar harapan kami apabila bapak dapat meluangkan waktu ke tempat kami di mangkutana sulawesi selatan,
    dan apabila dapat memenuhi undangan kami, tolong diinfokan ke kami purna81_ict@yahoo.com.
    Tuhan Memberkati

    salam hormat
    Charles

    BalasHapus